Thursday, February 4, 2016

KATEKESE APP

APP kependekan dari Aksi Puasa Pembangunan. APP diselenggarakan sebagai gerakan yang melibatkan seluruh umat selama memasuki lingkaran masa prapaskah yang meliputi: puasa, pantang, dan derma atau amal. Ketiga gerakan itu sebagai wujud dari tanda tobat dan pembaharuan diri. Ketiga unsur itu juga menghantar umat kepada makna liturgi dan sosial. Secara liturgi umat diajak untuk bersama-sama merenungkan kembali misteri paskah melalui pendalaman iman. Secara sosial umat digerakkan untuk memberikan hasil puasa dan pantangnya untuk membantu sesamanya yang berkurangan atau menderita.


Pendalaman iman yang diselenggarakan bertujuan :
  1. Memberikan sarana dan membawa ke dalam penghayatan terhadap misteri karya keselamatan sebagai kemenangan atas dosa dan maut.
  2. Menguatkan dan memurnikan motivasi serta niat hati secara lebih tulus dan jujur.
  3. Membantu umat mengalami pentingnya peristiwa Paskah sebagai puncak dan pusat perkembangan iman.
  4. Memberikan penghayatan terhadap makna kebangkitan dalam hidup diri sendiri dan sesamanya.
  5. Menyegarkan dan lebih memantapkan hidup iman.

Setiap pendalaman iman dari masa ke masa mempunyai tema yang berbeda dan bersifat khusus. Melalui tema-tema tersebut, Pimpinan Gereja bermaksud membantu setiap umat untuk memiliki semangat hidup baru sebagai orang yang dibangkitkan dari kedosaan dan mengalami kegembiraan Paskah.

APP tidak berhenti hanya di dalam pendalaman iman, melainkan juga terwujud di dalam aksi nyata. Tujuannya membawa kegembiraan dan kebangkitan hidup bagi banyak orang.
Warna liturgi selama masa prapaskah adalah ungu yang memberikan makna pentingnya pertobatan dan membuka harapan akan keselamatan hidup.

Melalui APP diharapkan semua orang terbantu dalam menghayati arti Paskah dan menggerakkan seluruh umat beriman untuk terlibat di dalam proses membaharui lingkungan hidup dan sosial. (P. Dedy.S)


No comments:

Post a Comment