Tuesday, August 30, 2016

MINGGU BIASA XXIII TAHUN C 2016

BELAJAR KEBIJAKSANAAN HIDUP

Kebijaksanaan itu diperlukan untuk hidup manusia terutama dalam mengambil keputusan. Dengan memiliki kebijaksanaan, maka diri manusia akan dimampukan untuk memilah-milah antara yang perlu dan tidak perlu, antara yang penting dan tidak penting, antara yang baik dan buruk, antara yang benar dan salah; teristimewa untuk melihat mana kehendak Allah dan mana kehendak diri sendiri. Kita akan mampu memiliki kebijaksanaan kalau melibatkan Kebijaksanaan Ilahi di dalam proses discernment atau pembedaan roh. Karena kehendak diri sendiri lebih mengedepankan kepentingan pribadi yang bersifat fana dengan berbagai macam keuntungan diri. Sedangkan kehendak Allah bersifat kekal, segala sesuatu hanya demi kebesaran dan kemuliaan Allah. Maka hanya Roh Allah yang akan menunjukkan kepada kita apa yang sesungguhnya menjadi rencana dan kehendak-Nya terhadap diri kita masing-masing (bdk. Kebijaksanaan 9:13-18).


Dengan Kebijaksanaan yang berasal dari Allah, akan membuat diri manusia mampu memandang sesamanya itu sebagai saudaranya bukan sebagai bawahan, lawan saing ataupun musuhnya. Kebijaksanaan juga akan membuat diri seseorang memiliki kerelaan dan keikhlasan hati bukan keterpaksaan (bdk. Filemon 9b-10.12-17). Kitab Suci sebagai Sabda Allah yang tertulis, banyak mengajarkan kepada kita bagaimana bertindak dengan bijaksana. Di sanalah kita banyak belajar mengenai kebijaksanaan hidup dengan bersumber pada Kebijaksanaan Ilahi.

Seseorang yang dengan setia melakukan kehendak Allah dan segala kebijaksanaan-Nya disebut murid Tuhan. Untuk dapat melaksanakan kehendak Allah haruslah terlebih dahulu berani pikul salib hidup, mati terhadap segala bentuk keinginan diri sendiri, mampu melepaskan diri dari segala bentuk kelekatan, mampu menyangkal diri dan hanya hidup di dalam bimbingan Allah. Orang yang melaksanakan kehendak Allah, tidak bertindak secara serampangan melainkan mawas diri, penuh refleksi dan iman. (bdk. Lukas 14:25-33). (P. Dedy.S).

No comments:

Post a Comment