Wednesday, November 23, 2016

MINGGU ADVEN I TAHUN A-1 2016

TANDA KEHADIRAN ALLAH

Minggu ini adalah Minggu Adven I. Dengan memasuki Masa Adven, segenap keluarga kristiani diajak masuk dalam Tahun Liturgi yang baru. Adven sendiri berarti kedatangan. Maka selama masa adven, segenap keluarga kristiani yang adalah murid-murid Kristus diajak untuk merenungkan kembali akan penantian kedatangan Yesus, yang kehadiran-Nya bukan hanya pada saat akhir jaman, melainkan juga dalam hidup sehari-hari. Karena itu harus tetap bekerja dan tidak bersikap “pasif”. Kedatangan Yesus mengajak setiap pribadi melakukan “Pertobatan Ekologis” demi kesejahteraan hidup bersama yaitu dengan cara melestarikan alam dan lingkungan. Hal itu berarti mengembalikan kondisi bumi ini sebagai “rumah bersama” yang baik adanya seperti semula; tidak ada kekerasan, tidak ada kebencian, tidak ada kerakusan, tidak ada eksploitasi; yang ada hanyalah damai, kerukunan dan kebhinnekaan (lihat. Yesaya 2:1-5).


Hukum dan ketetapan diberikan Allah bukan untuk membatasi kebebasan manusia, melainkan untuk menunjukkan bukti kehadiran dan kasih Allah yang membawa setiap pribadi menuju kekudusan hidup. Hidup di dalam kedagingan dan hidup di dalam kasih sangatlah bertentangan. Hidup dalam kedagingan berdampak buruk terhadap lingkungan. Sebaliknya hidup di dalam kasih, akan menyejahterakan semua manusia. Karena itu diperlukan kemauan untuk menanggalkan kepentingan diri yang semata-mata hidup di dalam kedagingan, lalu beralih ke dalam hidup yang didasari oleh kasih dan kekudusan (lihat. Roma 13:11-14a). 

Apapun dapat digunakan Allah sebagai tanda-tanda kehadiran-Nya; salah satunya adalah unsur alam termasuk lingkungan dan ragam peristiwa. Alam, lingkungan dan ragam peristiwa dapat memberikan tanda kedatangan Allah yang memberi pengajaran, mengasihi maupun menegur manusia. Maka tugas manusia yaitu mempersiapkan diri untuk kedatangan-Nya dengan menjaga hati, pikiran dan tingkah laku. Jangan sampai diri manusia berdalih dengan mengatakan belum atau tidak siap, ketika Allah hadir melalui tanda-tanda tersebut (lihat. Matius 24:37-44). (P. Dedy.S)

No comments:

Post a Comment